Wisata ke Candi Prambanan Yuk!

Wisata Ke Candi Prambanan, obyek wisata candi prambanan

Berwisata ke Candi Prambanan Yogyakarta memang sangat menyenangkan. Kota yang sangat kaya akan sejarah dan budaya ini menyimpan banyak sekali nilai sejarah yang tak ternilai. Selain itu, kota Yogyakarta juga terkenal dengan candinya, salah satunya adalah Candi Prambanan. Candi yang seringkali disebut Candi Roro Jonggrang ini merupakan candi Hindu paling besar di Indonesia yang dibangun pada abad ke 9 Masehi. Berdasarkan kepercayaan umat Hindu, Candi Prambanan dibangun sebagai bentuk persembahan 3 dewa umat hindu, yaitu Dewa Wishnu sang pemelihara, Dewa Brahma sang pencipta, dan Dewa Siwa sang pemusnah.

Wisata Ke Candi Prambanan, obyek wisata candi prambanan
Wisata Ke Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak di desa Prambanan yang juga merupakan perbatasan antara Jawa Tengah dengan Yogyakarta. Candi ini juga memiliki struktur bangunan yang sangat kuat dan desain bangunan yang sangat indah. Bahkan, Candi Prambanan juga merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO sebagai salah satu cagar budaya di dunia. Salah satu bangunan candi yang paling tinggi disini dan juga sebagai candi utama adalah candi siwa yang memiliki tinggi 47 meter, sedangkan pada bagian komplek dalam candi terdapat beberapa gugusan candi yang tidak kalah indahnya.

Candi Prambanan memiliki banyak ukiran relief pada dinding candinya. Relief yang menjadi ukiran utama candi ini menceritakan kisah Ramayana. Selain itu, terdapat pula ukiran relief mengenai Pohon Kalpataru yang merupakan pohon kehidupan menurut kepercayaan umat Hindu. Di bagian dalam komplek candi Prambanan terdapat 2 Candi Apit, 4 Candi Kelir dan 4 Candi Sudut. Sedangkan halaman lainnya memiliki 224 Candi.

Candi ini disebut sebagai Candi Rorojonggrang karena menurut kepercayaan masyarakat setempat, jaman dahulu ada seorang pangeran bernama Bondowoso yang jatuh cinta pada putri kerajaan yang sangat cantik bernama Roro Jonggrang. Ketika sang pangeran menyatakan cintanya maka putri kerajaan mengajukan syarat untuk membangun 1000 arca dalam semalam. Ketika pembuatannya sudah mencapai 999 arca, Roro Jonggrang mengajak warga setempat untuk membakar lumbung padi sehingga terlihat seperti sudah pagi. Karena merasa dicurangi maka Pangeran Bondowoso pun mengutuk Putri Roro Jonggrang menjadi arca ke 1000.

Jajanan Murah Di Kawasan Wisata Candi Prambanan

Jika kamu merasa letih dan lapar maka tidak perlu khawatir karena disekitar Candi Prambanan terdapat banyak sekali warung jajanan ataupun toko makanan murah yang bisa kamu kunjungi. Selain itu, terdapat pula berbagai macam fasilitas lainnya seperti toko souvenir murah, warnet dan juga wartel. Disekitar kawasan candi Prambanan juga terdapat banyak penginapan seperti hotel, cottage dan lainnya untuk kamu yang ingin bermalam di sekitar candi Prambanan dengan dana terbatas untuk jalan jalan.

Karena lokasi Candi Prambanan berada di tepi jalan sehingga sangat mudah untuk ditemukan. Kamu bisa menggunakan kendaraan berupa bus jurusan Yogyakarta-Solo. Kamu tinggal sebutkan arah tujuan ke Candi Prambanan dan si supir bus akan berhenti tepat di depan kawasan Candi Prambanan.

Berwisata ke Candi Prambanan, selain untuk menenangkan pikiran, kamu juga bisa mengenal sejarah kerajaan yang ada di Indonesia sejak zaman dahulu. Semoga informasi seputar Wisata candi prambanan ini dapat bermanfaat untuk kamu.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *