Tempat dan Tujuan Obyek Wisata di Pulau Seribu

Wisata ke pulau seribu yang berada di teluk Jakarta merupakan salah satu destinasi obyek wisata Jakarta yang sangat diminati belakangan ini. Untuk mencapainya, kamu harus naik kapal speedboat dari dermaga wisata Marina Ancol, Jakarta. Transportasi khusus wisatawan ini dioperasikan oleh kapal speedboat yang dimiliki atau bekerja sama dengan pemilik pulau resor. Untuk waktu tempuhnya tergantung pada jarak, keadaan cuaca, dan kecepatan kapal yang digunakan.

Jadwal keberangkatan transportasi kapal dari Marina Ancol ke pulau-pulau Tujuan Rekreasi di Pulau Seribu umumnya pagi hari jam 09.00 dan kembali menuju Marina Ancol pada jam 14:00, dan lagi tergantung pada pulau resor yang ingin kamu tuju.

obyek wisata pulau seribu

obyek wisata pulau seribu

Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu pernah mengoperasikan Transjakarta Lumba-Lumba dan Kerapu. Namun sayangnya kedua alat transportasi ini sudah tidak beroperasi lagi.

Harga tarif kapal penyeberangan ini relatif murah dengan harga tiket kapal ke pulau Bidadari atau pulau Ayer mulai Rp.100.000,- per orang sekali jalan. Shuttle boat ini akan berangkat jam 08.30 pagi dan Boarding time 30 menit sebelum keberangkatan.

Semakin jauh pulau tujuan wisata pulau seribu kamu dari Teluk Jakarta, keadaan pantai dan laut sekitarnya akan semakin indah dan bersih.

Baca juga: Tips Belanja Di Tanah Abang Dan Mangga Dua

Dibawah ini ialah beberapa pulau-pulau yang sudah dikembangkan menjadi pulau resor di Kepulauan Seribu:

Pulau Ayer

Pulau Ayer juga dijuluki sebagai Mutiara Kepulauan. Pulau ini mulai ramai dikunjungi sejak tahun 1950an. Di pulau ini juga tersedia cottage dan resort yang terletak di pantai dengan berbagai fasilitasnya seperti memancing, Jet Ski juga banana boat. Pulau ini mempunyai sumber air tawarnya sendiri.

Pulau Pabelokan

Pulau Pabelokan merupakan satu-satunya di Kepulauan Seribu ramai dengan kegiatan niaga. Dikarenakan adanya sumber minyak lepas pantai yang ditemukan pada tahun 70 an. Pulau ini dijadikan base camp, atau pangkalan minyak lepas pantai yang lengkap dengan berbagai fasilitas pendukungnya oleh Pertamina.

Pulau Kahyangan

Pulau Kahyangan, juga dikenal dengan nama Pulau Cipir dan Pulau Kuipir. Di pulau ini terdapat peninggalan sejarah, yaitu sebuah benteng yang dibangun oleh Belanda pada zaman VOC. Di sini ada sumber air tawar yang jernih dan bersih.

Pulau Onrust

Destinasi wisata pulau seribu berikutnya ialah Pulau Onrust. Pulau ini sudah terkenal sejak tahun 1600an, saat itu Belanda menjadikan pulau ini sebagai basis penting. Pulau Onrust juga dikenal dengan nama Pulau Kapal. Onrust merupakan bahasa Belanda yang berarti tidak tenang, atau rusuh. Hal ini karena pada masanya pulau tersebut selalu terlihat sibuk siang dan malam dengan para pekerja yang selalu beraktivitas. Sehingga sebagian penduduk wilayahnya di kepulauan sekitar menyebutnya sebagai Pulau Sibuk.

Pulau Bidadari

Untuk sampai ke salah pulau obyek wisata pulau seribu ini dibutuhkan waktu sekitar 40 – 50 menit dengan kapal motor yang secara rutin melayani trayek pantai Marina – Pulau Bidadari. Di pulau ini terdapat reruntuhan benteng Belanda yang bernama Martello Tower. Masyarakat sekitar menyebut Pulau ini dengan nama Pulau Sakit.

Dengan jaraknya yang tidak begitu jauh dari Ancol, maka obyek wisata pulau seribu merupakan salah satu destinasi wisata Jakarta yang harus kamu kunjungi. Biasanya paket wisata yang ditawarkan sudah termasuk penginapan, transportasi dan makanan. Cobalah cari dan bandingkan harga paket tour yang sesuai dengan dana wisata kamu. Tentunya akan mengasyikkan mengunjungi salah satu bagian Jakarta yang jauh dari hiruk pikuk kota kesehariannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *