Senang Jajanan Murah Di Kaki Lima? Inilah 5 Tips Sehatnya

tips sehat jajan di kaki lima , jajanan murah kaki lima

Jika kamu sedang travelling ke luar kota dan kamu senang jalan dan jajan murah di kaki lima atau warung pinggir jalan? Ingatlah bahwa beberapa gangguan kesehatan dapat mengintai dan bersumber dari sana. Jalan-jalan dan menikmati hidangan makanan kaki lima atau warung lokal favorit dengan harga yang murah apalagi saat tanggal tua merupakan kesan tersendiri. Namun kamu harus waspada terhadap ancaman gangguan kesehatan yang bisa berasal dari tempat tersebut.

Sakit perut, radang tenggorokan, hingga diare dapat terjadi tidak lama setelah kamu menyantap masakan yang disajikan ditempat itu. Untuk menghindarinya tips sehat jajan di kaki lima berikut ini dapat menjadi referensi kamu.

tips sehat jajan di kaki lima , jajanan murah kaki lima
tips sehat jajan di kaki lima

 1. Kebersihan Tempat Makan/Warung

Perhatikan kebersihan tempat kamu akan memutuskan untuk menyantap kuliner. Jika di daerah tersebut berdekatan dengan got, tempat sampah, atau bau busuk yang menyengat disarankan untuk dihindari. Bisa dipastikan banyak lalat yang siap “meneror” kamu ketika sedang asik menyantap makanan. Kalau memang kamu tidak mempunyai pilihan lain, kamu dapat meminta penjaja makanan untuk menyiapkan lilin.

2. Polusi Debu

Kebanyakan warung kaki lima favorit kamu berada di pinggir jalan yang banyak dilalui kendaraan bermotor. Partikel debu yang beterbangan dan masuk ke makanan bisa membawa bakteri penyebab disentri dan kolera. Pilihlah jajanan yang jauh dari sumber debu dan jika memungkinkan memilih warung yang banyak pohon besar disekitarnya. Selain lebih rindang dan sejuk tentunya lebih nyaman menikmati hidangan kesukaan kamu.

3. Makanan Yang Kurang Bergizi

Tips sehat jajan di kaki lima berikutnya ialah memilih makanan yang bergizi. Harga makanan murah di kaki lima memang murah meriah namun tidak menyajikan makanan yang bernilai gizi tinggi. Demi kepraktisan cara memasak jika tidak digoreng ya dibakar. Kamu bisa meminta menambahkan ekstra sayuran dan tidak menggunakan MSG ketika memesan. Jangan sungkan-sungkan untuk memilih menu yang mempunyai kandungan serat tinggi seperti gado-gado, rujak buah atau jus buah.

 4. Peralatan Makan Yang Kurang Bersih

Banyak dari kita menjumpai peralatan makan yang kotor digunakan untuk menyajikan makanan dan minuman di kaki lima. Air yang digunakan sering kali tidak mengalir dan menjadi tempat bakteri berkembang biak dengan cepat. Virus tipus, flu dan lainnya dapat dengan mudah menular ke tubuh kamu jika peralatan makan tersebut digunakan oleh penderita penyakit tersebut. Kesehatan kamu lebih berharga, jadilah pembeli yang pintar. Jika kamu ragu akan kebersihan peralatan makan, kamu bisa memilih tempat makan lain yang lebih terjamin kebersihannya.

5. Asap Rokok

Apabila kamu merasa terganggu dengan asap rokok, kamu bisa menjauh dan memilih untuk duduk ditempat lain. Salah satu alasan memilih makan di kaki lima ialah bebas merokok. Gestur (Bahasa tubuh) seperti pura-pura batuk, mengibaskan tangan, atau menutup hidung dan mulut dengan tisu merupakan tanda bahwa kamu terganggu dengan asap rokok. Biasanya perokok yang mengerti akan menjauh dari kamu atau bahkan mematikan rokoknya.

Kesehatan kamu sangatlah berharga, jangan sampai demi menghemat biaya jalan dan jajan murah tetapi melupakan faktor kebersihan serta kesehatan kamu. Kamu tentunya tidak mau sakit setelah menyantap makanan yang kurang higienis bukan? Apalagi dengan harga-harga kebutuhan yang semakin naik menjadikan kamu harus  mempunyai kiat berwisata murah dan bersahabat dengan kantong kamu. Semoga Tips sehat jajan di kaki lima diatas berguna untuk kamu.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *