Rencana Mudik dengan Anak Kecil Menggunakan Mobil? Baca Ini

mudik bersama anak

Mudik Lebaran dengan Mobil – Setiap tahun hari raya idul fitri pastinya menjadi saat yang sangat special untuk seluruh kaum muslimin. Banyak keluarga yang telah mempersiapkan untuk pulang mudik ke kampung halaman masing-masing. Bila  kamu berencana  berangkat dengan anak-anak pasti akan banyak hal yang perlu dipersiapkan.

Dibawah ini ialah tips mudik dengan anak kecil dengan menggunakan mobil sendiri.

Hal terpenting  yang harus dipersiapkan sebelum mudik ialah  memeriksa kondisi dan kelaikan kendaraan. Periksalah seluruh kesiapan dan perlengkapan wajib dalam mobil kamu. BAwalah ke bengkel terdekat untuk melakukan tune up, dari mesin, kelistrikan, ban oli, rem dan lainnya.

mudik bersama anak
mudik bersama anak/ pict : google image

Pastikan Membawa Perlengkapan Anak untuk Dijalan

Jangan lupa untuk membawa barang-barang penting untuk si buah hati dalam perjalanan seperti tissue, tissue basah, botol minum,  pensil warna atau crayon warna serta buku cerita agar mereka tidak bosan keika perjalanan mudik.

Siapkan waktu luang untuk mengunduh permainan dalam smartphone untuk diperjalanan, lagu anak, dan juga film-film anak dari internet seperti youtube dan google play. Mereka akan sibuk sendiri daam perjalanan sebelum akhirnya tertidur ketika lelah. Apalagi jika keadaan jalan edang macet.

Tempatkan anak di kursi kedua

Tips mudik berikutnya ialah mnempatkan anak-anak duduk di kursi baris kedua demi keselamatan perjalanan. Jika kamu melakukan perjalanan jauh, jangan membiarkan anak-anak duduk di baris depan. Karena di saat mereka bosan mereka akan menganggu konsentrasi si supir. Jangan lupa gunakanlah seat belt sebelum anda melakukan perjalanan.

Sediakan ruang untuk gerak anak

Maksimalkan ruang bagasi anda, sehingga anak-anak mempunyai ruang gerak yang cukup. Bila perlu gunakan roof rack untuk menaruh barang bawaan anda. Jasa pengiriman ekspedisi juga bisa anda gunakan jika perlu. HArus diingat jika menggunakan ekspedisi untuk mengirim barang, maka beri waktu sekitar 3-4 hari tergantung jarak agar barang anda sampai sesuai rencana.

Jangan Terlalu Banyak Membawa Barang

Perhitungkan seberapa banyak kamu membawa barang, jangan overload. Hitung juga nanti berapa banyak oleh-oleh yang akan dibeli. Apakah muat dalam bagasi mobil atau tidak. Beberapa celah seperti dibawah kolong kursi baris kedua dan baris ketiga dapat digunakan untuk tempat menyimpan barang ekstra jika diperlukan.

Obat mabuk perjalanan untuk si kecil

Pencegahan mabuk perjalanan ialah istirahat yang cukup dan jangan lupa untuk makan pada waktunya apalagi untuk si kecil. Namun apabila si kecil terlanjur mabuk, jangan lupa untuk sediakan plastik tempat sampah jika si kecil muntah.

Snack dan Koleksi Musik dan Film Anak-Anak

Makanan ringan kesukaannya, music dan film kartun yang belum pernah didengarnya juga sangat membantu dalam perjalanan mudik kamu dengan si buah hati. Keluarkan snack dan mainkan film di saat si anak telah bosan di jalan atau mulai rewel.

Semoga artikel tips mudik dengan anak kecil dengan menggunakan mobil  sendiri diatas berguna.

Baca Juga : Destinasi Wisata Kuliner Jogja Yang Populer

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *