Raja Ampat, Pesona Timur Indonesia Yang Eksotis

wisata raja ampat papua

Pesona Wisata Raja Ampat – Jika kamu suka dengan wisata bahari maka kamu harus pergi ke Raja Ampat di Papua. Sebagai informasi saja kalau 70% jenis karang yang ada di dunia ada di Raja Ampat, Papua Barat. Oleh sebab itu jangan heran apabila Raja Ampat ini merupakan salah satu spot diving yang banyak diminati oleh para diver dunia.

Selain dari pada itu, di Raja Ampat ini merupakan jantung dari segitiga karang di dunia. Hal ini yang menjadikan laut Raja Ampat mempunyai biota laut yang begitu banyak jenisnya seperti paus, lumba-lumba, duyung, penyu, dan banyak lagi.

Biota laut yang kaya di Raja Ampat

Lebih khusus lagi selain paus, lumba-lumba, dan ikan duyung, di Raja Ampat ini terdapat lima jenis penyu, pari, hiu yang unik yaitu Wobbegong dan Kalabia atau hiu berjalan, kuda laut, ikan endemik ada 15 jenis, kerang-kerangan sampai 699 jenis, ikan karang sampai 1427 jenis, dan karang keras 553 jenis.

wisata raja ampat papua
wisata raja ampat papua/newdawncenter.org

Kamu bisa melihat lumba-lumba bisa setiap hari disini. Apalagi waktu perjalanan dari Sorong ke Raja Ampat pastinya para pelancong bisa melihat lumba-lumba yang berkeliaran bebas dilaut. Oleh karena itu  mata pencaharian masyarakat Raja Ampat mayoritas ialah sebagai nelayan. Akan tetapi, masyarakat addat setempat memiliki kearifan lokal dengan mengambil ikan dengan memakai jala untuk agar kelestarian lingkungan laut terjaga.

Dengan begitu indahnya kekayaan bawah laut yang ada di Raja Ampat, kabupaten di Papua ini banyak didatangi oleh wisatawan dai dalam dan luar negeri.

Raja Ampat baru mempromosikan wisata baharinya sekitar tahun 2007 dan sejak itu para pelancong mulai ramai berdatangan untuk mengunjunginya. Untuk para wisatawan yang senang diving banyak berasal dari Eropa dan Amerika Serikat, selebinhya berasal dari Asia, Australia, dan Afrika.

Pulau Wageo, Misol, Batanta, dan Salawati

Nama-nama pulau diatas ialah 4 pulau besar yang berada di Raja Ampat. Selain dari 4 pulau indah itu raja Ampat juga punya 1.000 lebih pulau-pulau kecil yang banyak menyimpan keindahan dan keragaman flora-fauna seperti lebih dari 600 jenis karang dan juga 1.000an  jenis ikan karang . Semua kekayaan laut ini merupakan magnet pariwisata.

wisata raja ampat
wisata raja ampat/tripadvisor.com

Tiap tahun pemerintah selalu mengadakan Festival Raja Ampat dan selalu diminati oleh wisatawan. Salah satu paket wisata yang banyak diminati di Raja Ampat ialah tur birdwatching dengan melihat endemik cendrawasih botak dan kasuari, tur diving, tur snorkling, dan jelajah kampung wisata.

Provinsi Papua memiliki banyak keindahan wisata, dari wisata budaya sampai wisata alam. Raja Ampat memiliki daya tarik wisata bahari yang indah dan telah menjadi icon rekreasi alam di Papua yang terkenal.

Baca Juga : Pesona Wisata Samarinda dan Mengenal Suku Dayaknya

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *