Pesona Wisata Samarinda dan Mengenal Suku Dayaknya

tari gong dan mandau

Pesona Wisata Samarinda dan Suku Dayaknya – Bangsa Indonesia dengan kebhinekaannya merupakan asset bangsa yang harus dilestarikan. Tujuan wisata budaya yang dimiliki oleh setiap provinsi merupakan salah satu nilai yang tidak ternilai harganya. Salah satu keragaman suku bangsa yang ada di Indonesia terdapat di kota Samarinda.

Samarinda yang merupakan ibu kota Kalimantan Timur terdapat banyak pesona dan keunikan wisata. Keindahan Pesona wisata yang ada di Samarinda sudah telah banyak dikenal luas oleh para turis baik lokal maupun luar negeri. Kota Samarinda yang dilewati sungai Mahakam telah menjadi pilihan wisatawan untuk menikmati salah satu keindahan dan keunikan Indonesia.

Desa Pampang, Suku Dayak

Desa Pampang, Suku Dayak
Desa Pampang, Suku Dayak

Salah satu objek wisata budaya yang disuguhkan di Samarinda ialah desa Pampang. Desa Pampang ini terletak sekitar 20 km dari pusat kota Samarinda. Kamu bisa melihat kehidupan suku Dayak Kenyah yang masih asli dan juga unik. Apabila kamu mau mengunjungi Desa Pampang ini perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan jalur darat melewati jalan raya Samarinda-Botang.

Klan Dayak Kenyah

Kalimantan terkenal juga dengan Suku Dayaknya. Salah satu klan terbesar dalam suku Dayak ialah klan Dayak Kenyah. Suku Dayak Kenyah ini mendiami  desa Apo Kayan dengan jumlah penduduknya sekitar 5000an jiwa.

Mereka umumnya ialah petani nomaden (berpindah-pindah) dan juga ada yang sebagai pedagang. Kepercayaan mereka mayoritas ialah beragama Kristen dan Katholik dan juga seiring dengan perkembangan jaman, agama Islam mulai masuk ke suku ini. Namun kebanyakan dari mereka masih memegang teguh sistem kepercayaan animism sebagai warisan leluhur mereka.

klan dayak kenyah
klan dayak kenyah

Bahasa Kenyah merupakan sarana berkomunikasi kesehariannya. Bahasa ini terdapat 14 dialek. Bahasa Indonesia digunakan oleha anak muda suku Kenyah yang mendiami Apo Kayan.  Sebagai klan yang terbesar dalam suku Dayak, Dayak Kenyah ialah keturunan para pedagang Cina dan suku Barunai atau Brunai Darussalam. Dulunya mereka sering berperang antar saudara oleh karena itu maka mereka berpencar dengan mendiami tempat yang berbeda. Masing-masing dari wilayahnya dikepalai satu kepala adat dan salah satunya tinggal di Apo Kayan sampai saat ini.

Atraksi Budaya Adat Dayak

Jika kamu berwisata di samarinda salah satu atraksi wisata budaya yang bisa dinikmati ialah tarian adat serta upacara adat Dayak Kenyah. Tarian yang populer dan merupakan komoditi wisata ialah tari Burung Enggang dan tarian Gong.

tari gong dan mandau
tari gong dan mandau/yukepo.com

Kedua tarian adat dayak ini dulunya hanya dipentaskan pada pesta-pesta adat tertentu seperti perkawinan tradisional. Tarian yang diperagakan oleh para muda-mudi suku Dayak Kenyah dengan pakaian tradisional yang indah merupakan daya tarik wisata budaya Kalimantan yang sangat indah

Rasanya wisata budaya kamu tidak teras lengkap bila tidak membeli oleh-oleh khas suku Dayak. Mandau merupakan salah satu kerajinan khas suku Dayak Kalimantan selain dari manik-manik, dan patung totem yang unik khas suku dayak.

Baca Juga : 4 Destinasi Wisata di Bandung yang Terbaru

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *