Obyek Wisata Menarik Yang Ada Di Jonggol, Cileungsi

Jalan Raya Jonggol-Cileungsi merupakan jalan alternatif menuju Puncak-Cianjur-Bandung bagi pengendara yang menghindari kemacetan di daerah puncak dan bogor. Banyak sekali obyek wisata yang terdapat disini. Mungkin anda tidak mengetahui bahwa di area tersebut terdapat banyak pemandangan atau obyek wisata yang menarik di jonggol, Seperti Wana Wisata Giri Jaya, dengan jarak tempuh tidak kurang dari 45 km dari pintu tol Cibubur Jakarta melalui jalan Cileungsi-Cariu Anda dapat melihat lebih dekat kegiatan penangkaran rusa. Adapun jenis rusa yang ditangkarkan antara lain rusa totol (axis-axis), rusa jawa (Timorensis) juga rusa bawean (azis kuhli).

Selain taman wisata diatas, terdapat juga Taman Wisata Mekarsari, Cileungsi. Dengan luas areal ± 295 hektar, Taman Buah Mekarsari dilengkapi banyak fasilitas, seperti menara pandang, taman rekreasi anak, arena untuk outbound dan banyak lainnya. Anda juga dapat melihat serta menikmati berbagai macam buah-buahan di sana, bus atau trem telah disediakan untuk berkeliling bagi pengunjung.

Obyek Wisata Menarik Yang Ada Di Jonggol

taman buah mekarsari

taman buah mekarsari

Dikawasan Bogor Utara pun terdapat sumber air panas yaitu Gunung Pancar, bagi Anda yang suka dengan alam pegunungan dengan sumber air panas. Terletak tepat di Kampung Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang untuk meraihnya anda dapat menempuh jalur Cibinong-Sentul-Babakan Madang, dengan jarak tempuh ± 40 menit dari pintu Tol Sentul Bogor.

Dikawasan Bogor Utara juga terdapat sebuah tujuan wisata yang menarik, yaitu Kebun Wisata Pasirmukti yang berada di Jalan Raya Tajur Pasir Mukti Km 4, Kecamatan Citeureup. Kebun Wisata Pasir-mukti, dengan luas seluruh areal ± 35 hektar, memperkenalkan wisata pertanian berbasis edukasi dan hiburan (rekreasi sambil belajar) untuk usia sekolah, disini anak-anak diajarkan untuk mengenal bagaimana cara bercocok tanam serta mengajarkan bahwa Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian penduduknya masih bermata pencaharian sebagai petani.

Selain lahan pertanian berupa kebun dan sawah, terdapat juga fasilitas lain seperti penginapan, rumah makan, pemancingan dan paket-paket wisata yang bertema kembali ke alam atau “back to nature”. Di Jalan raya Cibubur-Jonggol terdapat sebuah perumahan modern yang terkenal yaitu Kota Wisata. Kota Wisata terkenal dengan Kampung Cina, Belanda, Amerika serta fasilitas pendukung lainnya yang ada didalamnya. Sedangkan di daerah Sentul terdapat Sirkuit Sentul dengan berbagai fasilitas yang tersedia dan dapat menampung hingga ribuan penonton.

Obyek wisata Hutan Wisata Catang Malang yang berada di antara Desa Wargajaya dan Desa Sukawangi Kecamatan Sukamakmur, juga tak kalah menariknya. Dikelilingi pohon pinus yang membuat suasana begitu indah dengan udaranya dingin juga kadang berkabut menjadikan tempat ini sangat indah dan romantis. Hal menarik lainnya di obyek wisata ini terdapat tiga buah curug, yaitu Curug Cidulang, Ciherang 1 dan Ciherang 2. Ketiga Curug tersebut masih betul-betul alami udaranya sangat dingin dan sering tertutup kabut.

Dengan jarak tempuh ± 4 km dari jalan raya Jonggol Cariu tepatnya terletak di Desa Tanjung Rasa Kecamatan Tanjung Sari, terdapat Curug Country, yaitu obyek wisata yang layak untuk dikembangkan dikarenakan bentuk curugnya yang unik juga suasana dan panoramanya yang masih alami. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai miniatur air terjun Niagara, Amerika.

Bagi Anda yang hobi memancing, Anda dapat mengunjungi beberapa Setu yang terletak di Kabupaten Bogor, di antaranya ialah Setu Kemuning. terletak di Kampung Sudi Mampir, Desa Cimanggis Kecamatan Bojong Gede. Setu yang luasnya ± 10 hektar itu diperkirakan dibangun sejak tahun 1880, merupakan obyek wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan karena panorama yang indah dan memiliki mata air alami yang tidak pernah kering sepanjang tahunnya, di sana tersedia fasilitas sepeda air dan pemancingan. Pilihan lain ialah Setu Gunung Putri yang terletak tepat disebelah pintu Tol Gunung Putri. Setu tersebut cukup menarik untuk dikunjungi, luasnya mencapai ± 9 hektar, panoramanya pun tak kalah dibanding Setu Kemuning. Juga ada Setu Cikaret yang berlokasi ± 750 meter arah Utara Kantor Bupati Bogor. Setu tersebut dibuat pada tahun 1816 dengan luas ± 25 Hektar. Di Setu Cikaret tersebut anda dapat bersantai, memancing dan menikmati rekreasi air.

Beberapa Obyek wisata di Jonggol, Bogor Utara di atas merupakan sebagian kecil dari obyek wisata yang ada di Kabupaten Bogor. Masih banyak lagi tujuan wisata menarik yang layak untuk Anda Kunjungi bersama keluarga. Jadi apabila anda merencanakan liburan tidak ada salahnya mengunjungi salah satu tempat wisata menarik di Jonggol tersebut diatas.

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *