Obyek Wisata di Banyumas yang Populer

baturaden

Obyek wisata di Banyumas umumnya sama dengan obyek wisata yang berada di kota-kota lainnya di Indonesia. Jalanjajanmurah.com akan mengulas mengenai beberapa obyek Wisata di Banyumas yang populer.

Banyumas yang beribukota Purwokerto mempunyai ciri khas bahasa dengan dialek Banyumasan, terkenal dengan istilah “ngapak”. Kota ini juga terkenal dengan tokoh Bawor (Gareng) sebagai ikonnya. Jika kamu mengunjungi tujuan wisata Banyumas jangan lupa juga mencicipi Makanan khas Banyumas seperti keripik tempe, mendoan, Soto Sokaraja, Getuk Goreng Sokaraja, Jenang Jaket Mersi, dage dan lainnya.

Tempat wisata di Banyumas  sangat banyak dan tersebar di penjuru kota ini. Sebagian destinasi wisata Banyumas terdapat di Purwokerto, Baturraden, Banyumas, dan beberapa kota kecamatan yang lainnya.

Baca juga :

Jajanan khas Purwokerto

Apabila kamu merencanakan berwisata ke Banyumas, pilihan hotel banyak terdapat di sekitar Purwokerto atau Baturaden. Disini terdapat banyak pilihan hotel dengan harga yang sesuai dengan budget traveling kamu, dari hotel melati hingga hotel berbintang yang lengkap dengan berbagai fasilitasnya.

Berikut beberapa Obyek Tempat Wisata di Banyumas yang populer :

Lokawisata Baturaden. 

baturaden
baturaden

Kamu belum berkunjung ke Banyumas jika tidak mampir di Kawasan wisata Baturraden, berudara sejuk dan tidak jauh dari kota Purwokerto. Baturaden merupakan tempat ekowisata yang menwarkan petualangan rimba, gunung, dan sungai.

Lebih lengkap tentang Lokawisata Baturaden baca juga artikel : Jalan-jalan Ke Obyek Wisata Baturaden Yang Sejuk

Alun-alun Lama Kota Banyumas. 

Alun-alun Lama Kota Banyumas
Alun-alun Lama Kota Banyumas

Alun-alun Lama Kota Banyumas terletak +- 20 km dari pusat kota Purwokerto. Pada Jaman dulu, alun-alun ini merupakan penanda pusat pemerintahan, sekarang ramai menjadi pusat aktifitas warga khususnya pada akhir pekan. Terdapat berbagai macam makanan khas Banyumas yang bisa kamu jumpai disini. Dari dawet ayu, rica-rica entok, tahu kupat dan macam-macam.

Goa Maria. 

Goa Maria
Goa Maria

Wisata religi Goa Maria terletak di Desa Kaliori, Kecamatan Kalibago r yang dibangun pada tahun 1989. Di situs religi ini kamu bisa melihat Patung Bunda Maria yang di tandatangani dan diberkati oleh Paus Yohanes Paulus II.

Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman. 

Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman
Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman

Obyek wisata di Banyumas berikutnya ialah Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman yang terletak di sisi Timur Kali Logawa, dekat pintu masuk Barat Kota Purwokerto. Wisata sejarah di Banyumas ini terdapat Patung Jenderal Sudirman ini mempunyai berat 5,6 ton dan tinggi 4,6 meter. Disini kamu juga bisa melihat foto-foto perjuangan ketika beliau memimpin perang kemerdekaan jaman dulu. 

Crossworld Paintball. 

Crossworld Paintball
Crossworld Paintball

Bosan dengan tujuan wisata Banyumas yang umum, maka kamu bisa mencoba paint ball. Jika kamu tertarik dengan permainan paintball ini kamu bisa menyambangi Crossworld Paintball yang terletak di Jalan Ringin Tirto No: 69. Selain paint ball kamu juga bisa menikmati makanan di mini food courtnya, bermain bilyar, dan juga berbelanja peralatan paint ball dengan harga yang terjangkau.

Obyek wisata curug (air terjun)

curug
curug
  • Curug Bayan Kalipagu, Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, di Kali Banjaran, tidak jauh dari hulu dari Dam Jepang.
  • Curug Belot, Desa Rempoa, Baturraden, dengan airnya yang deras, namun belum banyak dikunjungi juga masih alami.
  • Curug Ceheng, Desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, dengan air terjunnya yang indah dan juga terdapat kelelawar yang masih beterbangan.
  • Curug Cipendok, Desa Karangtengah, Kec Cilongok, curug dengan ketinggian 95 m ini berhawan sejukdan mudah dicapai.
  • Curug Gede, Desa wisata Ketenger, 4 km dari lokawisata Baturaden. Di tempat ini wisatawan dapat menikmati air terjun dengan keindahan alam dan aneka lempeng batu.

Dream Land Spring Water. 

Dream Land Spring Water
Dream Land Spring Water

Tempat rekreasi keluarga ini berlokasi di Jalan Pabrik Tapioka, Desa Pancasan, Kecamatan Ajibarang. Disini terdapat berbagai wahana seperti air terjun, Arum Jeram, Flying Fox, Kolam Arus, Kolam Seribu Air, Kolam Terapi Ikan, Taman Pasir, Taman Batu, Taman Burung, Taman Reptil, Water Boom dan Water Park. Jika akhir pekan tiba sangatlah ramai.

Berwisata ke Banyumas merupakan pengalaman yang menyenangkan, dengan keramahan penduduknya, makanan khas Banyumas yang lezat, keindahan alam serta banyaknya pilihan obyek wisata Banyumas menjadikan Banyumas salah satu tujuan wisata yang harus kamu kunjungi.

 

Cari Tiket Ke Banyumas Disini

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *