Mengenal Jajanan Gathot, Sawut, Gronthol dan Jongkong

gatot dan tiwul

Indonesia kaya akan kekayaan kuliner khususnya dan budaya umumnya. Banyak makanan khas adri berbagai daerah di Indonesia yang belum banyak diketahui orang. Seperti Jajanan kuliner Gathot, Sawut, Gronthol dan Jongkong yang populer di Pulau Jawa. Jajanan pasar murah ini dulu banyak ditemui di sudut pasar tradisional, namun kini keberadaannya tergerus oleh kehadiran berbagai jajanan modern.

Lebih jelasnya mari kita Mengenal Jajanan Gathot, Sawut, Gronthol dan Jongkong :

Gathot

gatot dan tiwul
gatot dan tiwul

Gathot adalah salah satu makanan yang biasa dimakan orang Dermaji dulu, yang berbahan dasar dari ubi. Gathot dibuat dari ubi kayu/singkong/budin dengan cara dikupas kulitnya,  dibelah jadi dua dan dijemur sampai kering. Setelah kering budin direndam dalam air sampai beberapa hari 4-6 hari sampai empuk (lebih lama lebih enak). Kemudian di potong kecil-kecil/disuir sesuai selera, dicuci bersih dan dikukus sampai matang. Setelah matang gathot siap disajikan.

Gathot enaknya disajikan selagi hangat dengan ditaburi ampas kelapa yang diberi garam agar rasanya agak asin sedikit, ada juga yang ditaburi gula pasir biar agak manis. Bentuk gathot yang sudah matang warnanya ada yang hitam/coklat dan rasanya agak kenyal. Justru kenyalnya itu yang merupakan cita rasa gathot tersebut. Makanan gathot sekarang ini jarang dijumpai dan dikonsumsi.

Sawut

sawut
sawut

Jangan anggap remeh sajian singkong yang satu ini. Meskipun bahannya sederhana tetapi rasa kenyal gurihnya bakal mengusik lidah. Apalagi jika dinikmati bersama secangkir teh hangat. Sawut adalah salah satu kudapaan dari Jawa Tengah yang menggunakan singkong parut kasar sebagai bahan dasarnya. Disajikan dengan taburan kelapa parut kasar kukus.  Ada juga yang menyebutnya SREDEK, ISRUT, apapun itu namanya yang pasti jajan pasar indonesia tetep lezat

Gronthol

gronthol
gronthol

Grontol adalah jajanan tradisional sebagai pengganti nasi yang bahan dasarnya adalah jagung. Jagung merupakan salah satu hasil pertanian yang cukup besar di Indonesia, sehingga sangat mudah untuk mencari bahan baku pembuatan grontol. Sebagai gambarannya grontol dihidangkan dengan diberi taburan parutan kelapa. Tidak banyak orang yang saat ini mengenal grontol, karena sudah sangat jarang orang yang membuatnya. Hampir sebagian besar wilayah Jawa Tengah mengenal jajanan tradisional ini.

Jongkong

jongkong
jongkong

Jongkong, adalah merupakan kue khas dikalangan masyarakat Jawa khususnya. kue yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa gula, yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang membuat rasanya manis nikmat dan lembut.

Semoga artikel kuliner diatas mengenai jajanan khas di pasar tradisional Jawa berguna untuk kamu.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *