Mengenal Batu Cincin Kalimaya Banten, Batu Opal Terbaik di Dunia

Batu Cincin Kalimaya Banten

Batu kalimaya atau nama lainnya batu opal merupakan batu cincin permata indah yang memiliki sifat optikal yg spesial dan unik. Hal ini karena batu opal kalimaya ini bisa menampilkan kilap warna pelangi yang senantiasa berubah tergantung pada sudutnya.

Provinsi Banten merupakan salah satu wilayah penghasil batu Opal terbaik  di dunia. Batu mulia indah ini lebih terkenal dengan nama Kalimaya Banten. Batu kalimaya ini banyak ditambang di sekitar Kabupaten Lebak, Banten.

Kalimaya Banten - Batu Opal
Kalimaya Banten – Batu Opal

Batu Opal Terbaik di Dunia

Saat ini, batu opal kalimaya banten ini masih menjadi opal terbaik karena mempunyai pancaran warna yang indah dibandingkan batu opal dari wilayah tambang di Australia, afrika, atau Amerika Latin.

Batu kalimaya asal Lebak ini mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dari negara lain karena warnanya yang tidak mudah pudar, dan juga sangat memukau dengan aneka warnanya. Pancaran warna seperti hitam, coklat, kuning, ungu, dan biru dengan warna pelangi akan mudah dilihat.

Batu Cincin Kalimaya Banten
Batu Cincin Kalimaya Banten

Kalimaya Banten ini mempunyai beberapa jenis warna, yaitu di antaranya, kalimaya putih, kristal hijau, kristal pelangi, teh dan kopi, pelangi, serta kristal susu. Batu kalimaya opal banten ini mempunyai daya tarik tersendiri.

Berburu Kalimaya di Banten

Jika kamu ingin berburu batu kalimaya ini, maka penambang batu kalimaya di Kabupaten Lebak tersebut berada di sekitar Kecamatan Maja, Sajira, dan Cimarga.  Daerah tersebut diatas merupakan urat tambang kalimaya yang ada di Banten.

Batu Kalimaya Kristal Air Kelapa
Batu Kalimaya Kristal Air Kelapa

Para penambang tradisional disini masih menambang batu opal kalimaya banten masih dilakukan dengan cara tradisional. Cara tersebut dilakukan dengan menggali lubang ke bawah tanah yang jaraknya sampai belasan puluhan kilometer. Untuk mencarinya, penambang batu ini akan melihat pancaran sinar dari bebatuan.

Pasar batu mulia di Indonesia mulai bergeliat sekitar tahun 2007. Banyak batu opal dari Afrika yang dijual dengan harga terjangkau. Namun jika dibandingkan dengan opal banten yaitu dari segi warna dan keindahan, maka opal Banten akan lebih indah dan menarik.

Kalimaya Kristal Kopi
Kalimaya Kristal Kopi

Jenis Batu Opal Kalimaya

Terdapat banyak jenis batu cincin kalimaya yang ada di pasaran. Sekitar tujuh jenis batu mulia kalimaya yang bisa Anda eksploitasi keindahannya. Berikut ialah jenis batu akik kalimaya.

  • Batu Kalimaya Kristal
  • Batu Kalimaya Kristal Air Kelapa
  • Batu Kalimaya Kristal Teh
  • Batu Kalimaya Kristal Lukut atau Kalimaya Kristal Kopi
  • Batu Kalimaya Kristal Susu
  • Batu Kalimaya Black Opal
  • Batu Kalimaya Black Opal Solid

Semoga artikel Batu Cincin Kalimaya Banten diatas berguna untuk anda.

Baca Juga :

Beli Batu Cincin Bacan Di Ternate Maluku Utara

Membeli Batu Permata Di Pasar Rawa Bening, Jakarta

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *