Makanan Tradisional Sunda Yang Harus Kamu Tahu

Ladu

Masakan Tradisional Sunda banyak pilihan dan variasinya. Pada umumnya makanan sunda tidak jauh berbeda dengan masakan Jawa tengah ataupun Jakarta. Sekarang ini banyak generasi muda yang tidak familiar dengan nama masakan tradisional sunda, karena tergerus oleh jajanan modern yang ada.

Baca Juga :

Mengenal Jajanan Gathot, Sawut, Gronthol dan Jongkong

Mari kita simak artikel mengenai kuliner khas Pasundan berikut:

Gehu

Makanan Tradisional Sunda Yang Harus Kamu Tahu
gehu

Gehu, salah satu makanan khas tradisional Sunda yang favorit. Gehu itu sendiri terbuat dari tahu dan terigu dengan berbagai macam isi di dalamnya. Ada yang diberi isi kol, toge, kemudian mie, juga wortel.  Ada juga yang isinya lengkap. Tidak hanya bahan seperti yang telah disebutkan di atas, akan tetapi ditambah dengan berbagai variasi lainnya.

Gongsir

Gongsir
Gongsir

Gongsir merupakan singkatan dari jagong (indonesia: jagung) dan gula pasir, sebagian lagi menyebut bahwa gongsir adalah singkatan dari ‘jagong disisir’. Di daerah lain mungkin punya nama berbeda untuk makanan seperti ini. Di sebagian daerah di Jawa Tengah gongsir ini disebut grontol. Gongsir merupakan makanan tradisional Sunda yang sudah jarang ditemukan. Gongsir merupakan sisiran jagung rebus yang diberi gula pasir dan ditambah parutan kelapa muda.

Opak

Opak
Opak

Opak adalah kudapan ringan seperti kerupuk kering. Bedanya opak ialah bahan dasar pembuatannya dari kerupuk. Kerupuk terbuat dari tepung tapioka, sedangkan opak terbuat dari tepung beras yang diberi bumbu garam, gula, dan bumbu penyedap.

Karedok
Karedok

Makanan tradisional sunda berikutnya ialah karedok. Jajanan ini merupakan makanan khas daerah asal jawa barat. Makanan karedok ini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan diantaranya adalah ketimun, ada tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi, serta terong. Sedangkan untuk bahan sausnya dibuat dari bahan cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi.

Ladu
Ladu

Makanan ini berasal dari Garut. Ladu ini merupakan suatu makanan yang terbuat dari bahan ketan. Untuk pembuatan Ladu, bahan dasarnya terbuat dari tepung ketan putih sangrai, kemudian gula putih, gula aren merah, serta kelapa yang telah diparut.

Lotek

Ladu
Lotek

Selintas makanan Lotek ini hampir mirip dengan pecel. Makanan Tradisional Sunda ini terbuat dari beberapa sayuran yang sudah direbus kemudian disiram dengan menggunakan sambal dari bumbu kacang. Yang menjadi keunikan dari makanan ini yaitu bahan untuk sambalnya di samping kacang seringkali juga ditambahkan tempe dan sedikit terasi, gula merah, dan bawang putih. Pada umumnya makanan lotek ini terasa sedikit lebih manis jika di bandingkan dengan pecel. Biasanya Lotek ini dapat disajikan dengan lontong atau nasi, disertai dengan kerupuk dan taburan bawang goreng.

Semoga artikel Makanan Tradisional Sunda diatas berguna untuk anda.

 

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *