Lewat Brebes Saat Mudik, Jangan Lupa Beli Telur Asin

telur asin brebes

Jika kamu berencana Mudik dan melewati brebes, maka jangan lupa untuk mampir dan membeli telur asinnya. Telur asin Brebes ini memang telah menjadi oleh-oleh populer untuk para pemudik ketika sedang melintasi jalur Pantai Utara (Pantura).

Jika kamu ingin mendapatkannya, lauk yang juga dapat menjadi makanan cemilan ini gampang dijumpai di pusat oleh-oleh khas brebes yang berada di jalur mudik tersebut. Kamu juga bisa banyak menemuinya di Jalan Diponegoro, Brebes, Jawa Tengah.

Oleh-Oleh Khas Brebes, Telur Asin

telur asin brebes
telur asin brebes / instagram.com

Tekstur Telur Asin Yang Khas

Banyak pusat oleh-oleh telur asin ini memulai usahanya sejak tahun 1970an. Yang membuatnya unik dan khas ialah warna kuning pada telur asin yang dihasilkan biasanya lebih pekat dan agak berpasir atau berminyak.

Selain itu yang membuat telur asin Brebes ini khas ialah rasa yang gurih dan tidak juga terlalu asin. Itulah Mengapa kamu harus mencoba telur asin brebes ini, karena sulit membuat telur asin dengan tekstur yang sudah di tuliskan diatas.

Untuk mendapatkan tekstur yang khas, semua harus dimulai dari proses penyortiran telur bebek juga kualitas bahan-bahan yang digunakan untuk membuat telur asin ini. Biasanya pembuat telur asin melakukan semua prosesnya secara manual dan tradisional untuk menjaga kualitas.

Salah satu cara membuatnya ialah dengan menjaga kualitas pangan bebek. Kualitas telur bebek di Brebes itu baik karena makanan bebek lokal yang diberikan berupa kerang laut yang dicampur bekatul.  Untuk kamu Ketahui, disini terdapat tiga varian telur asin, yaitu rasa klasik (telur asin biasa), telur bakar juga telur asap. Yang membedakan rasa dari ketiganya ialah rasa pada bagian putih telurnya.

Jika pada telur asin klasik, putih telur memiliki rasa asin dan gurih. Rasa putih telur pada telur asin bakar  dan telur asap terasa asin, gurih yang memiliki aroma bawang.

Harga telur asin untuk oleh-oleh ini ialah Rp 3.800 per butir untuk telur asin rasa klasik. Sementara, telur bakar dan asap dijual Rp 4.200 per butir. Kamu juga bisa membeli telur asin mentah yang masih dibalut dengan abu sehingga kamu bisa menentukan kapan akan memasak telur asin tersebut. Harganya dibanderol Rp 3.500 per butir. Akan tetapi harga bisa berubah ya.

Mudik dan bertemu dengan keluarga dan teman di kampung merupakan budaya yang ada di Indonesia. Suasana hangat dan santai menyelimuti berkumpulnya seluruh anggota keluarga ketika sedang bersilaturahmi. Semoga artikel oleh-oleh khas Brebes ini berguna untuk kamu.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata Yang Harus DIHINDARI Saat Libur Lebaran!

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *