Jalur Alternatif Puncak Yang Jarang Diketahui

Jalur Alternatif Puncak

Jika kamu mempunyai rencana ke puncak, Bogor pada akhir pekan maka kamu harus tahu Jalur Alternatif Puncak ini untuk menghindari kemacetan. Untuk kamu Ketahui, jalur ini tanpa masuk tol Jagorawi. Jalur biasa yang biasa dilalui pada saat menelusuri Jakarta hingga Puncak, Bogor biasanya macet ke arah jalan Tajur maupun Ciawi. Untuk menghindari ini kamu harus mencoba jalan alternatif puncak yang satu ini, Jalur Bukit Pelangi.

Jalan berbeda ke puncak ini menyuguhkan pemandangan yang indah. Kamu akan disuguhkan hijaunya pegunungan dan segarnya udara pegunungan, berbeda dibandingkan dengan rute biasa yaitu Jl Raya Bogor-Bogor-Tajur-Ciawi.

Dari arah Jakarta kamu bisa lewat  Jl Raya Bogor hingga melintasi Pasar Cibinong. Setelah itu lanjutkan perjalanan hingga bertemu pertigaan Sentul. Pas di pertigaan Sentul itu kamu bisa belok ke kiri hingga bertemu pintu masuk jalan tol. Teruskan perjalanan lurus sampai melewati kolong jalan tol dan kamu menemui jl Babakan Madang. Jalan yang satu ini ditemukan setelah dari kolong belok ke kiri, lalu ambil kanan dan lurus saja.

Jalur Alternatif Puncak
bukit pelangi Jalur Alternatif Puncak

Seperti layaknya jalur alternatif menuju puncak yang lain, kondisi jalannya pun kurang begitu bagus di beberapa titik, seperti adanya kubangan, jalan terkelupas dan berbatu. Namun kondisi ini hanya terjadi pada awal perjalanan menuju Babakan Madang setelah itu umumnya jalannya relatif mulus, namun kamu harus tetap waspada.

Jangan salah ketika kamu belok ke kiri sebelum SMA Babakan Madang. Untuk kamu Ketahui, Itu bukan jalur ke arah Bukit Pelangi. Jika kamu terus, kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Pancar, Bogor yang indah.

gunung-pancar
Gunung Pancar, Bogor

 

Setelah melewati SMA Babakan Madang dan kantor Polisi, Kamu bisa berbelok kekanan dan melintasi kolong tol. Setelah itu kamu belok ke kiri dan tinggal mengikuti jalan sampai kamu menemui kompleks Rainbow Hills.

 

Rainbow hills jalan alternatif puncak
jalan alternatif puncak

Jika kamu keasyikan berkendara, biasanya pintu masuk rainbow hills akan kelewatan. Kamu harus teliti untuk melihat rambu yang ada, pilihlah jalur alternatif puncak yang mengarah ke Gadog/Cisarua, Posisi Rainbow hills ada di Sebelah kanan.

Nuansa pegunungan yang sejuk dan indah dan hijaunya dedaunan, serta sejuknya semilir angin, juga jalan berkelok dengan turunan dan tanjakan menjadi hidangan bagi pengendara. Perjalanan jauh ini menjadi tidak membosankan. Pada beberapa titik ketinggian tampak warung-warung kecil yang menyediakan minuman segar dan hidangan yang menggoda selera lidah. Silakan mampir karena kamu  bisa dengan puas bisa menikmati pemandangan perbukitan sambil menyeruput teh atau kopi panas.

Sepanjang jalur alternatif puncak Rainbow Hills biasanya kamu akan berpapasan dengan pesepeda motor yang banyak melalui kawasan itu. Banyak anak-anak muda, yang berlalu lalang menikmati pemandangan sekaligus makan di warung penjaja makanan yang ada di situ.

Jalur Alternatif Puncak
Jalur Alternatif Puncak

Jalur Bukit Pelangi ini berhenti di Gadog yaitu titik temu Jl Raya Puncak. Pengendara tinggal belok kiri ke arah ke Puncak. Ketika kamu keluar dari jalur Bukit Pelangi, terdapat SPBU untuk mengisi bahan bakar kendaraan kamu.

Semoga artikel Jalur Alternatif Puncak diatas berguna untuk anda.

 

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *