Jalan-Jalan ke Tempat Wisata Baturaden Yang Sejuk

Obyek wisata Baturaden di Jawa Tengah ini sangat terkenal dengan wisata alamnya yang menarik dan indah. Tempat Loka wisata Baturaden ini bertempat di kaki Gunung Slamet yang sejuk. Gunung Slamet tercatat sebagai gunung tertinggi di Provinsi Jawa Tengah dan masih aktif. Dengan tempatnya yang berada di kaki gunung, menjadikan udara di kawasan wisata Baturaden sejuk dan dingin apalagi ketika malam hari menjelang. Di tempat wisata Baturaden ini kamu bisa menikmati indahnya pegunungan, udara segar dan air yang dingin, apalagi jika kamu menginap dan menghabiskan malam di obyek wisata ini.

Obyek wisata Baturaden, lokawisata baturaden

Obyek wisata Baturaden

Obyek wisata Baturaden bisa kamu capai dengan mudah dari Kota Purwokerto. Dengan jarak yang tidak begitu jauh, kamu bisa menikmati perjalanan menuju ke tempat wisata populer ini. Semakin menuju ke lokasi Baturaden, cuaca akan berubah sedikit demi sedikit menjadi sejuk dan dingin.

Kamu juga bisa mengunjungi Taman Bitanin di Baturaden yang memiliki koleksi sejumlah tanaman dan bunga yang langka. Koleksi tanaman dan bunga yang dimilikinya seperti Daun Dewa, bunga Havana, Palem Paris, Widoro Laut , dan Antarium Lipstick.

Jangan Lewati : Tempat Jajanan Khas Purwokerto Yang Enak

Loka wisata Baturaden merupakan tempat legenda lutung kasarung yang terkenal terjadi. Seperti halnya legenda Malin Kundang di Padang, Legenda Lutung Kasarung tidak terlepas dari obyek wisata Baturaden ini.

Kamu bisa juga mengunjungi tempat pemandian air panas Pancuran Pitu di tempat wisata Baturaden ini. Masyarakat sekitar meyakini air panas di pemandian Baturaden ini dapat menyembuhkan penyakit kulit dan menghilangkan letih. Suhu air di Pancuran Pitu ini sekitar 60 hingga 70 derajat Celcius. Jangan lupa membawa telur mentah untuk direbus ya.. J

Untuk keperluan terapi terdapat tempat khusus untuk terapi air panas di obyek wisata Baturaden ini yaitu Pancuran Telu. Pemandian ini memang di buat khusus untuk kamu yang ingin menikmati terapi air panas.

Lokasi Perkemahan juga terdapat disini. Kmu bisa mendirikan tenda untuk berkemah, barbeque, atau sekedar menikmati keindahan Gunung Slamet. Lokasi perkemahan ini bisa kamu temukan di Wana Wisata, yang masih berada di kawasan loka wisata Baturaden. Tempat ini banyak dikunjungi oleh anak sekolah, mahasiswa dan karyawan yang melakukan kegiatan outdoor.

Lokasi perkemahan Wana Wisata ini berjarak +- 3 km dari Baturaden. Tentu saja ini jarak yang lumayan dekat jika kamu berjalan kaki. Kamu juga bisa mengunjungi kolam sumber air murni  di Telaga Sunyi yang masih berada di lokasi obyek wisata Baturaden.

Disini kamu juga bisa mengunjungi Taman Kaloka Widya Mandala yang mempunyai koleksi binatang yang lumayan banyak. Taman Kaloka Widya Mandala ini ialah kebun binatang mini yang berada di Baturaden. Disini juga terdapat museum yang menyimpan kerangka satwa khas Indonesia. Taman wisata ini sangat cocok untuk kamu yang berencana berlibur bersama keluarga, khususnya yang membawa anak kecil.

Di kawasan wisata Baturaden ini juga dilakukan acara Budaya Grebeg Syura, yang biasanya diadakan pada bulan pertama dalam kalender tahun Islam. Festival Grebeg Syura ini merupakan sebuah acara yang sudah menjadi tradisi masyarakat lokal. Pada saat ini biasanya terdapat pertunjukan seni tradisional banyumasan seperti Calung, tari Lengger, pertunjukan Kuda Lumping, juga kegiatan mengunjungi situs-situs suci.

Jadi bila kamu jalan-jalan ke Purwokerto, jangan lupa untuk mampir ke Tempat Wisata Baturaden Yang Sejuk. Inilah salah satu pesona tempat wisata di Jawa Tengah yang harus kamu kunjungi.

 

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *