Jajajan Murah Khas Solo Yang Harus Kamu Coba

nasi liwet

Kota Solo merupakan salah sau tujuan wisata populer di Pulau Jawa. Kota indah ini mempunyai banyak destinasi wisata, dari wisata alam, wisata belanja, wisata sejarah sampai wisata kuliner. Apalagi untuk kamu food hunter pastinya berburu makanan khas kota Solo sudah menjadi kewajiban yang harus dituntaskan.

Beraneka makanan dan minuman sampai cemilan ringan mudah kamu jumpai di Kota indah ini. Kamu akan bingung memilih kuliner apa saja yang akan kamu cicipi, apalagi jika kamu hanya mempunyai waktu sebentar di Kota ini.

Agar tidak penasaran, Jalanjajanmurah akan mengulas mengenai Jajajan Murah Khas Solo Yang Harus Kamu Coba ketika kamu berada di Solo.

Kuliner Solo yang Lezat and Murah

Timlo Solo

timlo solo
timlo solo / instagram.com

Timlo Solo ialah makanan yang  berkuah bening dengan isian sosis ayam yang dipotong-potong, telur ayam pindang juga irisan hati dan ampela ayam. Makanan Lezat ini disantap dengan nasi putih yang diatasnya ditaburi bawang goreng. Bedanya dengan daerah lain, timlo solo tidak menggunakan soun dan jamur. Di bilangan Pasar Gede kamu bisa menemukan timlo Solo ini dan biasanya buka dari jam 07.00 pagi.

Nasi Liwet

nasi liwet
nasi liwet solo / instagram.com

Makanan khas Solo berikutnya ialah Nasi Liwet. Nasi liwet ialah salah satu makanan khas Solo yang paling populer. Beras yang dimasak menggunakan kaldu ayam ialah rahasia nasi liwet terasa gurih dan beraroma khas. Untuk lauknya, biasanya disajikan dengan sayur labu siam yang dimasak sedikit pedas, telur pindang rebus, daging ayam suwir, kumut (terbuat dari kuah santan yang sudah dikentalkan). Untuk memakannnya sangat pas dengan daun pisang yang bentuk pincuk.

Pecel Ndeso

pecel ndeso
pecel ndeso / instagram.com

Bahan dari pecel ndeso ialah nasi beras merah, kemudian sayur yang berisi jantung pisang, daun kenikir, daun petai cina, bunga turi, dan kacang panjang, lalu pilihan sambal wijen putih atau hitam. Dimakan lauknya dengan belut goreng, wader pari goreng, telur ceplok, sosis solo, bongko (kacang merah dan kelapa), gembrot (kelapa dan daun simbukan), otak dan iso goreng. Nah pecel ndeso inilah yang khas Solo. Pecel ndeso banyak dijual oleh ibu-ibu yang keliling kampung.

Tengkleng

tengkleng solo
tengkleng solo / instagram.com

Jika kamu suka hidangan kambing, maka tengkleng ini harus kamu coba. Makanan khas Solo ini berupa  gulai kambing, akan tetapi kuahnya tidak menggunakan santan. Isian tengkleng tersebut ialah tulang belulang kambing dengan sedikit daging yang menempel, disajikan jeroan kambing seperti sate usus, sate jeroan, otak dan organ kambing lain seperti mata, telinga, pipi, kaki dan lainnya. Menikmati tengkleng ialah pas kamu menggerogoti daging yang menempel di tulang dan menghisap isinya.

Gudeg Ceker

gudeg ceker
gudeg ceker / instagram.com

Ceker yang direbus menggunakan bumbu santan sampai lunak dan Lezat, kemudian disajikan bersama gudeg. Selain itu, ceker juga dapat disantap sambil makan bubur. Gudeg Ceker sangat pas jika dimakan dengan kuah Sambel Goreng Krecek.

Masih banyak jajanan khas Solo yang bisa kamu nikmati selagi di Solo. Selain Lezat, makanan khas Solo tentunya menambah kesan yang tak terlupakan khususnya ketika kamu sedang berwisata di Kota indah ini.

Baca Juga : Berburu Jajanan Murah di Pasar Tradisional Solo

 

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *