Inilah 5 Tips Berwisata Outdoor yang praktis

Tips Berwisata Outdoor, camping di bogor, camping di puncak, wisata ke hutan, wisata ke gunung

Kamu ingin merasakan pengalaman wisata yang beda? Mengapa tidak mencoba wisata outdoor. Memang kedengarannya aneh, tetapi bayangkan apa yang bisa kamu lihat dan alami selama dalam perjalanan. Wisata ke Mall atau tempat wisata modern sudah mainstream dan lazim dilakukan banyak orang. Menghirup udara pegunungan yang sejuk sembari mendengarkan jangkrik atau serangga bersahutan merupakan pengalaman berbeda yang sulit dialami bagi penduduk kota besar khususnya.

Banyak tempat wisata alam yang dikelola pemerintah dikhususkan bagi mereka pecinta alam untuk melakukan kegiatan outdoor. Biasanya terdapat camping ground yang disediakan untuk kamu dengan membayar sedikit biaya masuk. Bayangkan kamu melakukan barbeque sambil memetik gitar bersama teman-teman kamu dan buang jauh-jauh ponsel pintar kamu kecuali untuk berselfie ria. Paginya dibangunkan oleh suara gemericik air sungai dan kokokan ayam jantan dari kejauhan. Sungguh pengalaman yang sangat berbeda.

Tips Berwisata Outdoor, camping di bogor, camping di puncak, wisata ke hutan, wisata ke gunung
Tips Berwisata Outdoor

Jika kamu tertarik untuk berwisata outdoor di alam dan ke hutan, tidak ada salahnya mencoba 5 Tips wisata outdoor yang praktis.

  1. Mengumpulkan Informasi Tujuan Wisata Outdoor

Bagi kamu yang ingin melakukan kegiatan wisata outdoor seperti camping atau hiking, ada baiknya mengumpulkan informasi obyek wisata outdoor yang akan dituju terlebih dahulu. Informasi ini akan sangat berguna bagi kamu untuk menentukan hal-hal yang mungkin ditemukan. Seperti misalnya rute-rute yang berbahaya, seberapa jauh check point yang ada, lokasiĀ  untuk berkemah dan sebagainya.

Sebelum kamu merencanakan wisata outdoor ada baiknya anda telah mempelajari teknik dasar survival untuk berjaga-jaga demi keselamatan diri sendiri. Teknik dasar ini seperti membaca peta dan kompas, membawa bekal yang cukup, fisik yang bugar dan lainnya.

 

  1. Menyiapkan Peralatan Outdoor

Berbagai peralatan ini dapat kamu temukan dengan mudah di toko penjual perlengkapan outdoor. Tas carrier yang nyaman dan dapat memuat berbagai bekal perjalanan kamu merupakan salah satu item yang harus dimiliki. Jangan lupa memakai celana kargo yang memiliki banyak kantong karena akan sangat dibutuhkan untuk menyimpan berbagai peralatan kamu. Pakailah sepatu yang memungkinkan kamu melakukan perjalanan dengan jalan kaki yang nyaman, jangan memakai sandal. Pakailah sepatu boot yang memang didesain khusus untuk kegiatan outdoor.

Jangan lupa membawa GPS atau Handphone anda yang mempunyai aplikasi ini, karena akan berguna nantinya untuk mengetahui dimana anda berada. Hal yang perlu diingat ialah terkadang sinyal operator seluler sangat terbatas pada area tertentu, sehingga aplikasi GPS kamu tidak bisa dipakai. Dan yang paling penting lagi ialah obat-obatan pribadi dan peralatan P3K, jika seandainya diperlukan akan sangat membantu kamu.

 

  1. Persiapan Secara Fisik Dan Mental

Tips wisata outdoor yang praktis berikutnya ialah Persiapan Secara Fisik Dan Mental. Jauh hari sebelum berangkat, ada baiknya kamu melakukan olahraga ringan seperti lari, bersepeda atau berenang untuk meningkatkan stamina kamu saat melakukan wisata outdoor nanti. Tidak ada salahnya melakukan cek up ke dokter untuk memastikan kondisi tubuh kamu. Jaga kondisi tubuh dengan memakan makanan yang sehat serta istirahat yang cukup, kamu tidak mau kan di tengah perjalanan tiba-tiba kamu terserang flu sehingga membuat kegiatan wisata outdoor kamu terganggu.

 

  1. Jangan Merusak Alam

Hal ini merupakan Tips wisata outdoor yang penting. Jangan merusak apapun jika anda sedang berada di dalam hutan. Membuang sampah sembarangan, graffiti, memetik bunga, menebang pohon dan lain sebagainya merupakan tindakan merusak alam yang harus dihindari. Kamu cukup memfoto bunga atau binatang yang dijumpai tanpa harus merusak. Bawalah sampah anda kembali dengan cara menyiapkan kantong sampah yang bisa dimasukkan kedalam tas carrier kamu sehingga kamu dapat berpartisipasi mengurangi sampah ketika perjalanan.

  1. Mengajak Teman

Wisata Outdoor tidak akan seru jika hanya dilakukan seorang diri, ajaklah teman-teman kamu untuk bergabung. Banyak kejadian seru yang nantinya akan menjadi kenangan indah yang bisa kamu ceritakan pada lain waktu. Dengan berwisata outdoor secara berkelompok tentunya akan lebih aman tentunya. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di alam bebas nantinya.

 

Kelima Tips Berwisata Outdoor yang praktis diatas tentunya bukan merupakan hal baku yang harus kamu ikuti, banyaklah mencari informasi untuk kenyamanan wisata outdoor kamu sendiri. Wisata outdoor memang mengasyikkan khususnya bagi anda yang kesehariannya berkutat dengan kemacetan dan kesibukan pekerjaan, kuliah atau sekolah. Menikmati sejuknya udara, rindangnya pepohonan serta birunya langit merupakan kesan tersendiri yang tiada duanya.

 

You Might Also Like

One Reply to “Inilah 5 Tips Berwisata Outdoor yang praktis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *