Ini Dia Obyek Wisata Di Yogyakarta Yang Harus Kamu Kunjungi

Kraton (Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat)

Obyek wisata di Yogyakarta sangat banyak dan semuanya indah. Jika kamu hanya mempunyai sedikit waktu untuk berkunjung ke Yogyakarta, maka kamu harus memanfaatkan waktu yang singkat tersebut untuk mengunjungi tempat wisata Yogyakarta yang populer.

Berikut beberapa destinasi obyek wisata di Yogyakarta yang harus kamu kunjungi :

Keraton Jogja

Tempat wisata Yogyakarta yang satu ini wajib kamu kunjungi. Karaton, Keraton atau Kraton, berasal dari kata ka-ratu-an. Ka-ratu-an berarti tempat tinggal para ratu/raja (pemimpin). Secara umum bisa juga diartikan sebagai struktur dan bangunan wilayah Kraton berkaitan dengan pandangan hidup Jawa yang penting, yaitu Sangkan Paraning Dumadi (asal manusia dan kemana manusia setelah mati).

Kraton (Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat)
Kraton (Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat)

Secara fisik, Kraton Yogyakarta memang merupakan bangunan tua, pernah mengalami kerusakan dan juga dipugar. Jika dilihat sekilas mata seperti bangunan Kraton umumnya di Pulau Jawa. Namun jika kamu mendalami Kraton Yogyakarta ini, kamu akan menemukan contoh terbesar dan terindah dengan banyak makna simbolis nilai-nilai luhur Jawa. yaitu sebuah filosofi kehidupan, hakikat hidup seorang manusia, bagaimana alam bekerja dan manusia harmonis menjalani hidupnya. Selain itu kamu juga akan menemukan berbagai symbol dan nilai eksistensi kehidupan yang terpendam di dalamnya.

Malioboro

Malioboro berlokasi sekitar +-800 meter dari Kraton Yogyakarta. Malioboro diambil dari bahasa sansekerta yang bermakna “karangan bunga”. Hal ini menjadi dasar penamaan jalan tersebut. Jalan ini dulunya selalu dipenuhi dengan karangan bunga indah setiap kali Kraton melaksanakan upacara dan perayaan tertentu.

Malioboro Jogja
Malioboro Jogja

Obyek wisata yogya ini sangat indah, apalagi ketika matahari mulai terbenam. Perlahan satu persatu lapak lesehan mulai berdatangan. Bagi kamu pecinta makanan, kamu bisa banyak menemukan kuliner khas Jogja seperti gudeg, pecel lele, angkringan yogya bisa dinikmati disini. Selain itu juga masakan oriental ataupun sea food serta masakan Padang menambah pilihan kamu bersantap. Pengamen jalanan pun menghibur dengan lagu-lagu hits dan tembang kenangan menemani senja yang hangat di Mailoboro.

Baca Juga : Cuma Di Malioboro Dengan Rp. 30rb Bisa Puas Nongkrong Semalaman

Tugu Jogja

Tugu Yogyakarta ialah sebuah tugu yang dipakai sebagai simbol/lambang dari kota Yogyakarta. Tugu ini dibangun oleh Hamengkubuwono I, beliau ialah pendiri kraton Yogyakarta. Tugu yang berlokasi di perempatan Jl Jenderal Sudirman dan Jl. Pangeran Mangkubumi ini, mempunyai nilai sejarah dan simbolis dan merupakan garis leyline (magis) yang menghubungkan antara laut selatan, kraton Jogja dan gunung Merapi.

tugu yogya
tugu yogya

Konon, pada saat melakukan meditasi, Sultan Yogyakarta pada waktu itu menggunakan tugu ini sebagai patokan arah menghadap ke puncak gunung Merapi.

Pasar Beringharjo

Jalan-jalan ke Yogyakarta belum lengkap jika kamu tidak mengunjungi passar Beringharjo. Pasar ini merupakan salah satu pilar dari ‘Catur Tunggal’ (terdiri dari Kraton, Alun-Alun Utara, Kraton, dan Pasar Beringharjo). Pasar ini melambangkan fungsi ekonomi masyarakat Jogja. Nama pasar ‘Beringharjo’ diberikan oleh Sultan Hamengku Buwono IX, yang berarti pohon beringin (bering) dan kesejahteraan (harjo). Kini, para pelancong berkunjung ke pasar ini sebagai tempat belanja yang nyaman dan murah.

Pasar Beringharjo yogya
Pasar Beringharjo yogya

Di pasar ini kamu bisa membeli batik, jamu tradisional, barang antik dan tentu juga jajanan khas Yogyakarta dengan harga murah.

Taman Sari

Tamansari merupakan taman kerajaan atau pesanggrahan Sultan Yogya dan keluarganya. Taman indah ini merupakan tempat tetirah dan bersemadi para Sultan beserta keluarganya. Selain itu taman ini juga berfungsi sebagai benteng pertahanan pada saat penjajahan dulu.

Taman Sari
Taman Sari

Taman indah ini mempunyai kompleks kolam pemandian, kanal air, dan ruangan-ruangan khusus dan juga sebuah kolam yang besar (apabila kanal air terbuka).fasad taman ini mempunyai arsitektur khas Portugis dan juga eropa yang kental. Obyek wisata Yogyakarta Tamansari ini dibangun pada masa Sultan Hamengku Buwono I atau sekitar akhir abad XVII M.

Kota Gede

Di kota Gede ini terdapat berbagai peninggalan sejarah seperti makam para pendiri kerajaan, Masjid Kotagede, dan juga rumah tradisional khas Jawa.

Kota Gede
Kota Gede

Berwisata menyusuri Kotagede Yogyakarta akan memperkaya wawasan sejarah kamu terkait Kerajaan Mataram Islam yang pernah berjaya di Pulau Jawa. Selain itu, kamu juga bisa melihat langsung kehidupan masyarakat tradisional Yogyakarta ratusan tahun silam di dalam benteng kokoh.

Demikianlah artikel Obyek Wisata Di Yogyakarta Yang Harus Kamu Kunjungi, semoga bermanfaat.

 

 

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *