Informasi Jalan Tol Baru yang Bisa Kamu Lalui Untuk Mudik

jalur mudik tol cipali

Jika kamu merencanakan untuk mudik Lebaran Tahun ini maka kamu harus mengetahui tentang Informasi Jalan Tol Baru yang Bisa Kamu Lalui Untuk Mudik. Dengan dibukanya beberapa ruas Jalan Tol baru tahun ini, maka bagi kamu yang mudik di Pulau Jawa akan mempunyai beberapa jalur alternatif untuk sampai di kampung tercinta dengan selamat.

Seperti di lansir dari finance.detik.com pada musim mudik Lebaran tahun 2016/2017 ini  pemudik yang berada di Pulau Jawa bakalan memiliki banyak rute alternatif jalur mudik. Ada tambahan ruas tol selain dari Jalan Tol Cikopo-Palimanan.

Baca Juga : Jalan Alternatif Menuju Lembang Agar Terhindar dari Macet

jalur mudik tol cipali
jalur mudik tol cipali / instagram.com/malitasuherman/

Dengan total sekitar +- 95 km ruas Jalan Tol baru yang ada di Pulau Jawa ini baik dengan status telah beroperasi ataupun fungsional dapat dipakai untuk pemudik di musim mudik lebaran nantinya.

Informasi Jalur Mudik Tol Untuk Lebaran

jalur mudik tol cipali
jalur mudik tol cipali / instagram.com/ishenta/

Dibawah ini merupakan rincian ruas tol yang bisa kamu pakai untuk mudik :

  • Cinere-Jagorawi Seksi II Raya Bogor-Kukusan siap beroperasi 6 km
  • Bawen-Salatiga di Provinsi Jawa Tengah siap fungsional 17,57 km,
  • Pejagan-Pemalang/Tegal Barat di Provinsi Jawa Tengah telah beroperasi sepanjang 26 km
  • Solo-Kertosono di Provinsi Jawa Tengah siap Fungsional 10 km
  • Gempol-Pasuruan/Rembang di Provinsi Jawa Timur siap fungsional 13 km
  • Surabaya-Mojokerto di Provinsi Jawa Timur telah beroperasi 18 km
  • Kertosono-Mojokerto/Mojokerto Barat-Mojokerto Utara di Provinsi Jawa Timur telah beroperasi 5 km.

Ruas Jalan tol baru ini akan menggenapi jaringan jalan tol yang telah beroperasi sebelumnya di Pulau Jawa. Hal ini menjadikan total panjang jaringan jalan tol yang bisa digunakan untuk pemudik dan menunjang kegiatan musim mudik mencapai sekitar +- 668 Km.

Jalur Pantura

Selain itu, jika kamu berencana menggunakan jalan pantura untuk mudik, jaringan Jalan Nasional yang berada di utara Pulau Jawa alias Pantura ini juga telah siap untuk difungsikan. Sekurangnya telah ada +-1.182 km ruas jalan di Pantura yang sudah siap digunakan untuk mudik sebelum Lebaran tiba. Untuk jalur alternatif lain, yaitu Jalan Lintas Tengah Jawa dengan panjang +- 1.056 km juga telah siap untuk dilintasi jalur pemudik. Begitu juga dengan 1.270 km Jalur Lintas Selatan pulau Jawa.

Pemudik Motor

Tidak semua orang menggunakan mobil untuk mudik. Jika kamu berencana untuk mudik dengan menggunakan sepeda motor, maka jalur-jalur alternatif pemudik motor seperti yang ada di Simpang Jomin merupakan jalur yang dikenal dengan segitiga maut karena arus kepadatan di simpul persimpangan jalan ini benar-benar hebat. Untuk kamu bikers bisa belok ke arah kiri di Johar Km 75 yaitu setelah By Pass Karawang dan terus ikuti jln sampai kamu berada di persimpangan Krasak. Kamu juga memiliki alternatif rute mudik lain yaitu berbelok ke kanan untuk keluar di wilayah Cikalong di Km 105, atau terus arah lurus dan  keluar di wilayah Ciasem di Km 125. Hal ini bisa menghindari kepadatan macet di Simpang Jomin untuk kamu yang mudik menuju Cirebon dan daerah-daerah lain di Jawa Tengah dan Timur.

Budaya Mudik sangat kental di Indonesia. Mengunjungi keluarga dan sanak famili di kampung tercinta merupakan budaya turun temurun yang Cuma ada di Indonesia. Semoga informasi Rute Tol Baru yang Bisa Kamu Lalui Untuk Mudik berguna untuk kamu.

Selamat berlibur..

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *