Cara Mengisi Form Imigrasi Canada (Canadian Declaration Form)

Form Imigrasi Canada (Canadian Declaration Form)

Jika kamu travelling menggunakan pesawat ataupun kapal laut, dari suatu negara ke negara lain (internasional) maka kamu diharuskan mengisi Custom and Immigration declaration form. Hal ini merupakan ketentuan imigrasi yang berlaku di tiap negara. Kali ini akan di ulas Bagaimana cara mengisi kartu imigrasi Kanada.

Biasanya kartu imigrasi ini dibagikan ketika kita akan sampai di negara tujuan tepatnya ketika kita berada di dalam pesawat atau kapal laut. Pramugrari akan membagikan kartu imigrasi ini ke setiap penumpang. Pastikan kamu mendapatkannya.

Canadian Declaration Form

Form Imigrasi Canada (Canadian Declaration Form)
Form Imigrasi Canada (Canadian Declaration Form)

Setelah kamu mendapatkan kartu imigrasi ini, maka kamu bisa segera mengisinya. Yang perlu dipersiapkan ialah :

  • Buku Paspor
  • Boarding Pass (tiket pesawat)
  • Pulpen
  • KTP atau SIM (dalam hal ini untuk persiapan saja, dalam kenyataannya kurang begitu diperlukan)

Kartu imigrasi Kanada ini terbagi atas 4 bagian yaitu A, B, C dan D. Isilah tiap-tiap bagian sesuai dengan data kamu.

Bagian A

Bagian ini merupakan nama dari traveller (pengunjung) yang datang ke Kanada. Terdiri dari 4 kolom. Jika kamu datang sendirian, maka isilah kolom no 1. Biasanya ada keluarga yang berkunjung lebih dari 1 orang, maka isilah Form Imigrasi Kanada sesuai dengan jumlah orang yang berkunjung bersamaan. Isi dengan cara nama Belakang kemudian nama Depan, Kemudian tanggal lahir dengan format tahun, bulan, tanggal.

Contoh : Nama Witdodo Jogja, lahir 12 Juni 1965 diisi menjadi Jogja Witdodo, 650612

Home Address, diisi sesuai dengan alamat rumah sesuai KTP atau SIM. Biasanya dalam passport tidak tertera alamat rumah, maka disinilah KTP atau SIM diperlukan. Isilah sesuai kolom, Address (alamat rumah), City/town (kota),  Country (Negara asal) dan Postal Zip (kode pos)

Kolom Ariving by, diiisi sesuai dengan apa kamu datang ke Kanada, Air (pesawat), Marine (kapal laut), Rail (Kereta Api), Highway (darat). Purpose of trip maksud dan kunjungan ke Kanada , Study, Personal, Bussines. Arriving From, datang dari Negara, US only, other country direct, other country via US.

Kemudian dibawah Kolom tersebut terdapat pertanyaan , I am/we arrive are bringing into Canada : yes/no. Centang saja dengan No semua jika kamu tidak membawa apa yang di tuliskan dikolom tersebut.

Bagian B

Duration of stay in Canada, ialah berapa lama (hari) kamu akan tinggal di Kanada. Kemudian centang kolom selanjutnya dengan NO.

Bagian C

Bagian ini jangan di isi, karena hanya untuk warga negara Kanada

Bagian D

Signature, Tanda tangan kamu atau sesuai dengan jumlah keluarga yang datang bersama kamu.

Pastikan semua data yang kamu isi di Form Imigrasi Canada (Canadian Declaration Form) sesuai dengan data yang kamu miliki di paspor kamu agar proses imigrasi lancar, tentunya akan membuat kunjungan liburan kamu ke Kananda menjadi nyaman.

Baca Juga : Cara Membawa Barang dari Luar Negeri agar Terhindar dari Bea Cukai

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *