Akhir Pekan? Ke Candi Prambanan Saja

Candi Prambanan

Obyek Wisata Candi Prambanan Yogyakarta – Siapa yang tidak mengenal Candi Prambanan. Candi eksotis yang berada di Yogyakarta ini merupakan salah satu obyek wisata menarik yang bisa kamu kunjungi.

Kompleks candi prambanan ini berlokasi di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten, berjarak sekitar 19 kilometer dari timur laut Yogyakarta. Destinasi Wisata Candi Prambanan Yogyakarta ini berada diantara perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya juga sangat strategis diantara dua desa, yaitu di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, akan tetapi pintu masuk kompleks Candi Prambanan ini berada di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten.

Candi Prambanan
Candi Prambanan / www.instagram.com/p/BEoBzBkvZtc/?tagged=prambanantemple


 



Untuk kamu Ketahui, Candi Prambanan yang indah ini merupakan salah satu Warisan Dunia UNESCO, salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia, dan juga merupakan salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Dengan arsitektur bangunan candi yang tinggi juga ramping, menjadikan candi prambanan ini menjulang tinggi dan dapat dilihat keindahannya dari kejauhan.

Keunikan Kompleks Candi Prambanan

Keunikan Candi Prambanan ialah memiliki 3 bangunan candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga bangunan candi tersebut merupakan lambang dari Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Uniknya ketiga candi itu menghadap ke timur. Setiap candi utama di candi Prambanan ini mempunyai satu candi pendamping yang menghadap ke arah barat, yaitu Candi Nandini untuk Siwa, Candi Angsa untuk Brahma, dan Candi Garuda untuk Wisnu. Selain dari candi yang diatas, disekelilingnya juga terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, juga 4 candi sudut. Pada halaman kedua kompleks candi prambanan ini terdapat 224 kelompok candi.

Candi prambanan
Candi prambanan / www.instagram.com/p/BEFn5Yrsrpy/?tagged=prambanantemple

Jika kamu Memasuki komplek candi Siwa yang berlokasi di tengah, kmau akan melihat 4 buah ruangan. Salah satu ruangan utama berisi arca Dewa Siwa, sementara 3 ruangan lainnya berisi arca Dewi Durga (istri Siwa), Dewa Agastya (guru Siwa), dan Dewa Ganesha (putra Siwa). Arca Durga itulah yang konon merupakan arca Roro Jonggrang yang diceritakan dalam legenda Roro Jonggrang.

Candi Wisnu yang berada di sebelah utara candi Siwa hanya terdapat satu ruangan yang hanya berisi arca Wisnu. Demikian juga didalam Candi Brahma yang berada di sebelah selatan Candi Siwa, kamu juga  akan mendapatkan satu ruangan yang hanya berisi arca Brahma.




Harga Tiket Masuk ke Candi Prambanan

Jika kamu ingin berwisata ke Candi Prambanan ini harga tiketnya tidak mahal koq,

Tiket masuk untuk Wisatawan Domestik/Lokal :

  • Umum (Umur 6 Tahun Keatas per Orang) : Rp. 30.000,-
  • Anak-anak (Umur Dibawah 6 Tahun) & Rombongan Pelajar/Mahasiswa : Rp. 12.500,-
  • Tiket masuk untuk Wisatawan Asing : USD 18

Keindahan obyek wisata candi prambanan sudah terkenal di mancanegara. Jangan lupa untuk menyiapkan bekal seperti makanan dan minuman sebelum menuju ke Candi Prambanan Yogyakarta.

Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko

Head Office :

Jalan Raya Jogya – Solo Km 16 Prambanan Sleman, Yogyakarta 55571, Indonesia

Phone: +62 274 496 402 / +62 274 496 406

Fax: +62 274 496 404

Email: info@borobudurpark.co.id

 

Selamat berlibur!

 

Baca Juga : Serunya Diterjang Tsunami di  Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *