Sensasi Minum Bir Pletok Ditemani Roti

bir pletok

Minum bir merupakan tradisi bangsa Eropa yang sudah menyebar ke seluruh dunia. Bir dibawa oleh bangsa Eropa juga ketika zaman penjajahan dulu. Orang pribumi pun tidak ingin kalah dan juga membuat minuman dingin, berbuih, dan juga Lezat.

Bahan pembuat bir pletok khas betawi pun juga menggunakan rempah-rempah tradisional seperti kapulaga, seucang, cabe jawa, kayu manis, dan gula. Setelah kesemua bahan direbus, kemudian dimasukkan ke dalam bambu, lalu diberi es.

Bir Pletok Khas Betawi

bir pletok
bir pletok / instagram.com/tattymajid/

Baca Juga :  Cuma Ada Satu Nasi Uduk Kebon Kacang, Ini Dia Pelopornya

Pada zaman dahulu tentu saja minuman yang beralkohol dilarang Agama, karena mayoritas pribumi, yaitu warga betawi pada saat itu beragama Islam. Maka dibuatlah bir dengan menggunakan rempah-rempah yang tidak mengandung alkohol. Karena kandungannya yang kaya akan rempah, tentunya menyehatkan.

Jika kamu minum bergelas-gelas Bir yang beralkohol pastinya akan mabuk, kebalikannya kamu tidak akan mabuk karena minum bir pletok ini.

Pada umumnya Bir Pletok disajikan dingin. Tapi kamu bisa memesan bir pletok yang hangat, namun tidak ada busanya.  Rasa bir pletok ini lebih mirip bajigur, karena kaya akan rempah-rempah dan juga menghangatkan tenggorokan. Sudah pasti  rasanya jauh berbeda dengan bir aslinya.

Peneman bir pletok yang pas ialah roti, alasannya biar mirip bangsa Eropa.  Jika kamu penasaran ingin mencoba sensasi minum bir pletok, kamu bisa singgah di Kota Tua, Jakarta. Kamu bisa meminum hasil kreasi minuman buatan anak negeri tempo dulu yang segar ini.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *