Berani Naik Pesawat? Ini Faktanya

pesawat terbang

Belakangan ini dunia dikejutkan dengan beberapa tragedi hilangnya pesawat terbang komersil Air Asia dan Malaysian Airlines. Malaysian Airline MH370 hilang diatas laut Hindia dan tidak ditemukan, sedangkan Air Asia QZ8501 jatuh di selat Karimata dalam perjalanannya menuju Singapura dari Surabaya. Para pelancong yang ingin naik pesawat pasti bertanya-tanya mengenai faktor keamanan pesawat terbang. Jika kamu tidak Berani Naik Pesawat terbang, baca dulu Fakta dibawah ini.

pesawat terbang
pesawat terbang

Fakta kinerja keselamatan pesawat penumpang di dunia yang dirilis oleh IATA (International Air Transport Association) menjelaskan mengapa kamu Harus Berani Naik Pesawat terbang

Ada Kurang Lebih 3 Miliar Penumpang Pada Tahun 2013

3 miliar penumpang itu merupakan jumlah yang tidak sedikit loh. Jika faktor keselamatan pesawat penumpang itu buruk, maka sudah banyak terjadi kecelakaan tiap harinya yang memakan korban ribuan jiwa. Pada tahun 2013 juga terdapat 37 juta penerbangan sepanjang tahun, namun demikian industri maskapai penerbangan selalu meningkatkan faktor keamanan  penerbangannya.

Menurunnya Jumlah Korban Jiwa di Tahun 2013

Tahun 2012 terdapat 414 korban jiwa, dan menurun menjadi 210 di tahun 2013 menurut data IATA. Fakta ini menunjukkan penurunan kecelakaan dan meningkatnya kualitas keamanan yang membaik pada maskapai penerbangan.

Kecelakaan Paling Parah Ada di Tahun 2013

Pada tahun ini terdapat 15 kecelakaan pesawat paling parah yang tercatat IATA. Kecelakaan pesawat  bisa terjadi karena beberapa hal seperti human error, faktor cuaca, landasan pacu yang kurang mulus dan banyak lagi.

Afrika Merupakan Wilayah Paling Aman

Dari 14 juta penerbangan di Afrika hanya rata-rata terjadi 7,45 kecelakaan menurut data IATA, menjadikan wilayah ini merupakan wilayah paling aman terjadi kecelakaan pesawat terbang.

Perjalanan menggunakan pesawat terbang sudah bukan hal asing lagi di Indonesia. Dengan banyaknya budget airline yang menawarkan tiket sangat murah, menjadikan perjalanan kamu akan singkat dan nyaman. Namun naik pesawat terbang bagaikan dua sisi yang berbeda, satu sisi menawarkan kecepatan perjalanan tetapi disisi lain banyak terdapat kecelakaan pesawat yang terjadi yang memakan ratusan korban jiwa.

Bagaimanapun juga, kamu harus berani naik pesawat terbang kan?

 

 

 

 

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *