5 Tempat Wisata Favorit Di Kuningan

Ciremai kuningan jawa barat, tempat wisata kuningan

Apabila Anda jalan-jalan ke Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, sepertinya kurang lengkap jika tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata favorit di Kuningan yang ramai dikunjungi oleh setiap wisatawan baik lokal maupun internasional disini.

Berikut 5 tujuan wisata populer di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, serta beberapa jajanan kuliner yang terkenal tentunya.

Tempat Wisata Favorit Di Kuningan

Ciremai kuningan jawa barat, tempat wisata kuningan
Gunung Ciremai, kuningan, jawa barat

1. Wisata Air Panas Sangkanhurip Alami

Salah satu Daya tarik Sangkanhurip Alami terletak pada pemandian air panas beryodium yang menyehatkan serta menyegarkan badan. Bagi para pengunjung dapat berendam didalam air hangat pada ruangan khusus atau pada kolam terbuka.

Selain pemandian air hangat tersebut, anak-anak juga dapat merasakan berenang dan berseluncur di kolam yang dilengkapi luncuran naga. Disini juga banyak terdapat kios-kios jajanan dan hotel-hotel dengan berbagai macam pilihan.

2. Gedung Linggarjati

Bangunan bersejarah ini berlokasi di Desa Linggajati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan serta berada tepat di kaki Gunung Ciremai bagian tenggara.

Gedung ini sangat bersejarah karena pada zaman pendudukan Jepang gedung ini direbut lalu dijadikan Hokai Ryokai di tahun 1942. kemudian di tahun 1945 para pejuang kita berhasil merebutnya dan kemudian menjadikannya markas BKR kemudian diubah namanya menjadi Hotel Merdeka seperti sekarang ini.

Tahun 1985, sang anak pemilik rumah yaitu Dr Willem Van Os dan Joty Kulve-Van Os berhasil memperjuangkan status gedung ini untuk dikukuhkan sebagai cagar budaya dan akhirnya mempunyai nama Gedung Perundingan Linggarjati.

3. Air Terjun Putri Yang Terkenal

Jika Anda berkunjung ke Taman Nasional Gunung Ciremai jangan lupa juga mengunjungi wisata alam di Palutungan. Disini anda bisa menikmati segarnya air terjun Putri yang merupakan hal yang menarik untuk dicoba. Bersama keluarga, teman ataupun kerabat dekat berenang bermain sejuknya air nan jernih dan segar.

Dengan Jarak tempuh hanya kurang lebih 15 menit dari pintu masuk Palutungan Anda bisa menikmati sejuknya air yang turun langsung dari ketinggian hampir 15 meter.

4. Ikan Dewa dan Sumur 7 Cibulan

Disini juga terdapat Kolam ikan Dewa dan Sumur 7 Cibulan yang dapat dikunjungi di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana. Obyek wisata ini menyajikan suasana alam juga keunikan Ikan Dewa dan Sumur Tujuh-nya. Daerah Cibulan memiliki kekhasan pada kolam ikannya yang dihuni oleh Ikan Kanra Bodas (Labeobarbus doumensis) atau penduduk lokal menyebutnya Ikan Dewa.

Menurut Cerita ikan-ikan ini dibawa oleh murid Walisongo saat datang ke Cibulan. Para murid Walisongo tersebut meninggalkan 7 Sumur yang mereka gunakan untuk berwudhu pada saat itu. Posisi tujuh sumur itu mengelilingi petilasan yang diyakini oleh penduduk sekitar sebagai bekas tempat bersemedinya Prabu Siliwangi.

5. Taman Purbakala Cipari

Selain tempat wisata menarik, Area Wisata Kuningan juga menyimpan sebuah legenda dari zaman purbakala. Lintasan kehidupan manusia prasejarah pada zaman megalitikum dapat kita jumpai juga sebagai tempat wisata menarik dan bahan pelajaran yang menarik.

Taman bertema megalitikum yang terdapat di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, merupakan salah satu area ditemukannya peninggalan prasejarah di Kabupaten Kuningan ini. Di area ini ditemukan tiga peti kubur batu yang di dalamnya terdapat bekal kubur berupa kapak batu, gelang batu, juga gerabah.

Di sini juga dapat kita lihat tanah lapang yang berbentuk lingkaran dengan diameter enam meter serta dibatasi susunan batu sirap. Batu Temu Gelang, dimana jaman dulu dipercaya sebagai lokasi upacara dalam berkomunikasi dengan arwah nenek moyang juga berfungsi sebagai tempat musyawarah masyarakat sekitar.

Jajanan Kuliner Lezat Ala Kuningan Yang Populer

tape ketan kuningan
tape ketan kuningan

Kuningan tidak hanya terkenal dengan tempat wisatanya saja yang menarik untuk dikunjungi, tetapi tidak lengkap jika tidak mencicipi lezatnya kuliner jajan di Kuningan. Berikut Beberapa jajanan khas kuliner yang ada dikuningan.

Tahu Kopeci. Tahu Kopeci atau Tahu Lumping ini banyak ditemukan di Jalan Veteran Jagabaya. Gurihnya rasa tahu dan teksturnya yang padat menjadi salah satu kekhasan dari Tahu Kopeci ini.

Hucap. Tahu Kecap atau lebih dikenal dengan sebutan Hucap bisa didapatkan di warung Mak Iroh, Jalan Dewi Sartika. Makanan khas Kuningan ini sepintas mirip dengan Ketoprak atau Kupat Tahu.

Nasi Kasreng. Makanan sederhana ala petani yang mulai disuguhkan kepada masyarakat luar ini kian poluler di Kuningan. Keunikan, cita rasa dan atmosfer saat menyantap hidangan sangat beragam dan menggoda.

Tapai Ketan Kuningan. Terbuat dari beras ketan putih yang dimasak dan dibungkus dengan daun serta ditaburi ragi sehingga menjadi sebuah tapai ketan yang lezat dan legit dengan dibuat melalui proses fermentasi atau peragian. Jika di daerah lain tapa ketan kuningan tampil dalam kemasan daun jambu air. Tapai ketan ini memang lebih dikenal sebagai oleh-oleh khas dari Kuningan, terutama bagi para wisatawan yang berlibur ke Kuningan bisa main dan membeli oleh produsennya langsung di Jalan Raya Cigugur.

Banyak juga terdapat Warung-warung yang berjajar di wilayah Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan yang menjajakan jajanan kuliner sederhana yang sudah mengalami berbagai perubahan pelengkap suguhan tanpa menghilangkan khasnya menjadi salah satu makanan primadona di Kuningan.

Atmosfer alam persawahan, udara yang sejuk serta berpadu dengan nikmatnya cita rasa makanan bermacam macam lauk pauk, diantaranya goreng ikan paray, pepes ikan, sambel, lalapan, gorengan, rebon dan lainnya akan membawa kenikmatan yang menggoda.

Demikianlah artikel mengenai jalan dan jajan murah yang ada dikuningan, semoga menambah informasi bagi anda. Anda berniat berwisata bersama keluarga ? Jangan lupa membaca artikel mengenai Tips Jalan dan Jajan Murah Dan Hemat.

 

 

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *