20 Tempat Wisata Menarik di Madura

karapan sapi madura, obyek wisata madura, lokasi wisata madura

Pulau ini mempunyai beberapa lokasi obyek wisata menarik di Madura yang tidak kalah dengan tempat lain di Jawa Timur. Madura merupakan pulau kecil yang terletak di utara Jawa Timur. Terdapat jembatan Suramadu yang terkenal yang menghubungkan dua tempat ini. Pantai-pantai yang terkenal di Pulau Madura ialah Pantai Lombang (Sumenep), Siring Kemuning (Bangkalan), dan Pantai Camplong(Sampang) yang berdekatan dengan Pamekasan.

Salah satu obyek wisata menarik di Madura yang lain ialah Api Tak Kunjung Padam yang berada di Pamekasan. Pulau Madura juga mempunyai obyek wisata budaya tahunan seperti Karapan Sapi. Biasanya festival ini diadakan pada bulan September tiap tahunnya.

karapan sapi madura, obyek wisata madura, lokasi wisata madura
karapan sapi madura

Jika kamu merencanakan berkunjung ke Madura, berikut beberapa tempat wisata menarik di Madura dan sekitarnya :

  1. Museum Keraton Sumenep II, satu-satunya Keraton dengan bukti sejarah yang cukup lengkap dan masih terawat baik
  2. Pantai Lombang, ciri khas pantai ini ialah deretan pohon cemara udangnya yang hanya terdapat di Indonesia dan Cina.
  3. Pantai Slopeng, pantai yang terkenal dengan pasir putihnya, selalu ramai dikunjungi wisatawan khususnya pada hari libur.
  4. Masjid Jami Sumenep, Masjid ini merupakan salah satu Masjid tertua di Indonesia yang dibangun sekitar tahun 1763.
  5. Makam Para Raja Asta Tinggi, makam para raja yang meninggal ratusan tahun silam,
  6. Island Resort, wisata kepulauan yang populer dengan deretan pulau yang indahnya sejak dari pulau Kangean, Sapudi, Raas, Puteran, Gili Labak, Mamburit, Genteng, Gili Iyang, pulau Raja.
  7. Taman Wisata Pulau Mamburit, obyek wisata di Madura ini khusus bagi kamu yang hobi menyelam dan menikmati keindahan alam bawah laut, selain itu lokasi ini juga biasa digunakan untuk wind surfing.
  8. Panorama Taman Laut Pulau Gili Labak, terletak antara Pulau Gili Genting dan Pulau Puteran ( biasa digunakan untuk olahraga bahari, selam dasar (snorkeling/ diving ), dan selam profesional ( scuba diving)
  9. Api Abadi atau Api Tak kunjung Padam, Lebih menarik jika di lihat pada saat Malam hari.
  10. Makam para Raja dan Ulama, makam ini banyak dikunjungi oleh peziarah dari masyarakat sekitar maupun dari luar pulau Madura.
  11. Pantai Talang Siring, pantai ini mempunyai potensi hasil laut seperti ikan teri, petis, dan rumput lautnya.
  12. Goa Gentong, goa ini terkenaldengan stalagtit dan stalagmit nya.
  13. Monumen Arek Lancor, terletak di pusat kota Alun-alun Kota Pamekasan yang juga tak kalah menarik. Sangat ramai pada saat akhir pekan dan hari libur.
  14. Vihara Avalokitesvara, Vihara Terbesar nomer 2 di Pulau Jawa yang terletak di Kecamatan Galis, berdekatan dengan pantai Talang Siring.
  15. Pantai Nipah, pantai ini masih bersih karena masih belum banyak pengunjung yang datang. Kamu bisa melihat sekawanan kera yang berkeliaran di pantai indah ini.
  16. Pantai Camplong, terletak di pinggir Jalan Raya Utama Sampang, lumayan ramai pengunjung dan sudah banyak dibangun hotel, restoran dan pertokoan.
  17. Makam Pasarean Syaichona Kholil, banyak peziarah dari luar daerah yang berkunjung ke makam ini.
  18. Aer Mata Ibu di Arosbaya, yang merupakan makam para raja yang telah meninggal ratusan tahun silam.
  19. Sentra Kerajinan Batik Madura di Tanjung Bumi, jika kamu ingin membeli batik Madura, maka kamu harus mampir ke lokasi wisata Madura ini.
  20. Sumber Mata Air Kolla Langgundih, keunikan sumber mata air ini ialah airnya yang tetap tawar walaupun berada di dekat laut, dan tidak pernah kering walaupun musim kemarau panjang.

Jika kamu ingin bermalam dan menginap di Madura, harga hotelnya juga tidak terlalu mahal. Apalagi jika kamu ingin food hunting dan mencicipi  jajanan Kuliner khas Madura yang lezat seperti Rujak cingur, sate Madura, bubur, tahu tek dan lainnya menjadikan perjalanan kamu menjadi tak terlupakan.  Jangan menunda lagi perjalanan kamu untuk mengunjungi tempat wisata menarik di Madura, pastinya akan sangat berkesan.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *